jump to navigation

KEBUMEN EYE CENTER MELAYANI OPERASI KATARAK TANPA JAHITAN Juni 15, 2008

Posted by fatahwidodo in Uncategorized.
trackback

Katarak adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh.Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas karena cahaya sulit mencapai retina yang berfungsi merekam gambar objek yang dilihat.

Gejala umum gangguan Katarak antara lain :

1. Penglihatan tidak jelas, seperti terdapat kabut yang mengahalangi benda yang dilihat.

2. Peka terhadap sinar atau cahaya.

3. Kadang penglihatan pada satu mata jadi dua (ganda)

4. Untuk dapat membaca  memerlukan pencahayaan yang terang

5. Lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu.

Sebagia besar katarak terjadi karena proses penuaan, umumnya menyerang usia 60 tahun  keatas. Tetapi bisa pula terjadi pada bayi karena ibunya terinfeksi virus pada waktu hamil muda.

Penyebab katarak lainnya antara lain :

1. Penyakit sistemis, misalnya diabetes

2. Penggunaan obat tertentu, khususnya golongan steroid.

3. Mata sering terpapar sinar matahari (Ultra Violet)

4. Mata pernah menjalani operasi mata sebelumnya.

5. Taruma pada mata

6. Faktor faktor lain  yang belum diketahui.

Ada dua macam tehnik yang biasa dilakukan pada operasi katarak , yaitu :

1. Ekstaksi katarak Ekstra Kapsuler (EKEK)

2. Fakoemulsifikasi

Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsuler merupakan tehnik lama yang memerlukan irisan yang lebih besar untuk mengeluarkan katarak dari dalam mata. Setelah lensa yang keruh dikeluarkan dan diganti lensa buatan yang jernih, luka irisan kemudian dijahit. Tehnik ini memerlukan waktu lebih lama untuk pulih kembali.

Sedangkan fakoemulsifikasi adalah tenik yang paling maju dan banyak dilakukan pada klinik mata di kota kota besar. Dengan menggunakan mesin fakoemulsifikasi lensa mata yang keruh atau katarak  terlebih dahulu dihancurkan dengan menggunakan getaran  ulatrasonik setelah itu baru dikeluarkan dari dalam bola mata dengan cara disedot (aspirasi). Operasi cara ini hanya memerlukan sayatan yang sangat kecil bahkan tanpa dijahit sehingga penderita lebih cepat sembuh dan dapat segera mengerjakan aktifitas rutin seperti mandi, cuci rambut, membaca dan kembali bekerja.

Kebumen Eye Center telah memiliki fasilitas bedah  katarak dengan tehnologi modern menggunakan mesin fakoemulsifikasi ini. Mesin fakoemusifikasi yang dimiliki Kebumen Eye Center merupakan mesin fakoemulsifikasi mutahir dengan   tehnologi Cold Phacoemulsification white star yang memungkinkan memperoleh hasil operasi katarak yang lebih maksimal,  cepat sembuh dan tanpa jahitan.

Sudah barang tentu biaya operasi katarak dengan tehnik fakoemulsifikasi lebih mahal dibandingkan dengan tehnik EKEK. Bila operasi katarak dengan cara biasa (EKEK) hanya sekitar Rp. 2000.000,- maka untuk operasi katarak dengan fakoemulsifikasi Kebumen Eye Center mengenakan tarip  dua kalinya atau Rp. 5500.000,-. tetapi biaya ini masih jauh lebih murah bila dibandingkan biaya operasi yang sama di klinik mata lain di kota besar seperti Jogyakarta atau Jakarta.

Peminat untuk operasi katarak dengan Fakoemulsifikasi di Kebumen Eye Center cukup banyak umumnya golongan menengah atas dan warga keturunan cina yang biasanya berobat ke luar kota.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: